Transistor Horisontal TV LG Ultra Slim Rusak Terus

Posted by RAMBO on 12:03 AM, 12-Jul-11

Pengalaman dengan LG ultra slim transistor horisontal rusak terus Dalam waktu yang hampir bersamaan kami terima LG ultra slim 21” dengan problem yang hampir sama. 1. Seorang konsumen menjelaskan bahwa tevenya pernah dibawa ke sebuah bengkel, tetapi karena teknisi kesulitan maka isinya diganti dengan mesin china. “Kami merasa sangat kecewa dengan hasil gambarnya”, cerita selanjutnya, “mesin aslinya sudah pernah diganti flybak dan transistor horisontalnya sudah menghabiskan beberapa buah, tetapi tetap gagal service”. Dibawa dan ditunjukkannya pula pcb asli, flyback yang pernah diganti, beberapa bekas transistor horisontal yang rusak dan remote kontrol asli. Singkat ceritera konsumen tersebut menginginkan agar bisa dibantu supaya pcb asli dapat digunakan lagi. 2. Seorang teknisi lain punya kasus yang sama. Setiap kali transistor horisontal dipasang baru maka selalu langsung rusak. Diagnosa pertama jatuh pada flyback, tetapi ketika flyback sudah ganti hasilnya tetap sama. Diagnosa selanjutnya mengarah ke def yoke. Ketika pergi ketoko spare parts untuk mencari def yoke dia sempat menceriterakan masalahnya kepada pemilik toko. Pemilik toko yang sudah sangat kenal baik dengan kami menyarankan agar membawa saja tevenya ke tempat kami, sipa tahu bukan def yokenya yang rusak karena kalau diamati def yoke yang dibawanya untuk contoh tersebut tidak ada yang nampak gosong atau terbakar. Dari kedua kasus diatas setelah kami kerjakan ternyata penyebab adalah sama, yaitu kapasitor resonant yang lokasinya pada bagian kolektor transistor horisontal-out nilainya menurun drastis sehingga hampir nol (normal nilai 183pF/2000v). Mungkin LG model-model ultra slim ini tidak memiliki x- ray protektor. Sebab kalau ada x-ray protektor biasanya akan aktip bekerja jika nilai kapasitor resonant berubah menurun sedikit saja. Mengambil hikmah dari kasus diatas maka saran kami kepada setiap teknisi wajib : Memiliki kapasitor-meter atau AVO-meter yang mempunyai fasilitas untuk pengukuran kapasitor. Jangan lupa untuk setiap kali memeriksa nilai kapasitor resonant jika ada kasus transistor horisontal sering rusak. * Artikel penyebab transistor horisontal-out mati seketika saat teve dihidupkan ( baca) Komentar rekan teknisi Betul sekali Pak Marsono pengalaman itu saya dapat waktu saya masih kerja di SC Jakarta ada 6 cashis yang dikirim dari Banjarmasin dari ke 6 chasis tersebut keluhannya sama yaitu setiap di pasang TR horisontal dalam hitungan detik TR itu langsung paeh (bhs sunda mati). Awalnya kecurigaan pada flyback tapi satelah flyback saya ganti tidak ada perubahan akhirnya saya langsung tertuju pada nilai "C" resonannya yang langsung terhubung degan colector. Alhasil setelah penggantian"C"tersebut chasis menjadi normal kembali ,trimaksih dan salut buat Pak Marsono yang telah membagikan ilmu dan pengalamannay untuk kemaslahatan (awanda noviani -wds) Ya betul sekali Pak Marsono,penyebab utama langsung m@k thuusss....nya transistor horizontal pada tv LG Slim memang dari kapasitor tersebut, saya juga pernah sampai kebobolan mengganti transistor horizontalnya hehhehe....... (aisy romadhona) Sumber: marsonotv

Share on Facebook Share on Twitter

Comments

55 responses to "Transistor Horisontal TV LG Ultra Slim Rusak Terus"

tanya on 12:28 AM, 12-Jul-11

aku ada masalah dengan TV LG Ultra Slim, kerusakan
awalx transistor horisontal selalu putus kalo dipasang ulang..
kemudian aku gannti milar C414 183J 2000V,, kondisinya
Transistor Horisontal sdah tidak putus tapi tegangan drop...
mungkin ada solusi dari para senior..!!!

jawab on 12:30 AM, 12-Jul-11

Kemungkinan FBT rusak bos.......!!!lol

jawab on 12:32 AM, 12-Jul-11

Barusan aku mengalami kerusakan seperti itu
aku coba ganti yoke nya langsung ok.....
smoga bisa membantubiggrin

tri on 08:47 AM, 25-Sep-11

Memang dari sejak muncul LG ultra slim ya begitu.. TR putus n kalo mau ganti jangan lupa Mylarnya yg 2kv juga diganti, karna kalo dicoba terus ya itu tadi.. Flyback juga akhirnya rusak.

Tri on 08:50 AM, 25-Sep-11

Sekedar Tambahan... kalo Capasitor Mylarnya mau awet, di pararel aja 2 capasitr. Karna sering terjadi beberapa bulan setelah diganti mylar yg sama kembali rusak lagi. Pengalaman. Maaf sdh ikut nimbrung. Tri,Samarinda
Saya disini> www.hasnan.itgo.com

nuha on 10:57 PM, 11-Oct-11

kapasitor 183 200v beli dmna hrga brapa

anton on 11:24 PM, 02-Nov-11

jika sdh ganti tr horizontal dan capasitor trus hidup tp cuma sebentar lalu stnby dan elco 450v/220uf menyimpan strum...tolong dbantu dan trims.

Pairin on 08:48 PM, 24-Nov-11

U/ kapasitor 183j/2kv klu di pararel nilaix brp ?

jawir elktronic on 09:21 PM, 27-Nov-11

gan tlg d bantu kami pnya ksus lg ultra slim, kasusnya setiap d tekan tombol ch tv hidup, setelah itu mati lg alias stanby

Jawab on 03:30 PM, 04-Dec-11

Kerusakan lain Tv LG adalah setelah
dihidupkan beberapa menit atau
beberapa jam tiba-tiba Tv Standby
kadang mati total, ini disebabkan power
suply sudah melemah akibat pemakaian
dan suhu yang panas contohnya LG yang
menggunakan STR W6754 ( seperti yang
dipakai Tv Sharp )

Jawab on 03:50 PM, 04-Dec-11

Untuk LG slim 21" inch biasanya
menggunakan 183j 2kv (18n 2kv)
untuk
yang pearl black 29" menggunakan
103j2kv (10n 2kv).

Tofax on 09:48 AM, 26-Dec-11

gan LG flat 21 inch. Tr horizontal cpat panas, fBT ma c183 udah dganti tp masih sama, trimakasih

Jawab on 08:02 AM, 30-Dec-11

Coba cek lg capasitor yg ada di kolektor tr horisontal,mungkin masih ada yg bocor.
Periksa rangkaian yg berhubungan di kolektor tr horisontal menuju ke konde[yoke horisontal]
Ganti lg TR horisontalnya.

CopaZer on 05:16 PM, 30-Dec-11

ini yg tak cari

CopaZer on 05:17 PM, 30-Dec-11

s x an ijin polo kang biggrin

martono on 03:14 PM, 24-Jan-12

saya jg mengalami kerusakan horisontal mati trs tapi sudah saya ganti semua itu tetp aja masih gk bs tahan lama. terus ini gmn solusinya

achy bugis on 01:37 PM, 04-Mar-12

makasih atas infonya mas. . . .

Handri on 03:13 PM, 07-Mar-12

Mas mau tanya.tv samsung ic tunggal nembak terus gambar gak jelas tapi suara normal apanya?

Abcell on 07:18 PM, 15-Mar-12

Jadi gini boss, aku dapet pasen tv lg slim juga ne. Tr, c 183 2kv, ply b. Dah di ganti. Tpi tetep aja padam n tr horz puaanass bgt. Apa lagi tuh?

wawan on 04:29 PM, 16-Mar-12

mas aku punya kesulitan tv LG ultra slim tadinya TR horizontalnya putus setelah diganti nyala tapi gambarnya gak penuh

Sumardi on 08:40 PM, 18-Mar-12

Tv 14 sharp qbeat b+naik spai 180 tp jd standby.gmn solusinya

ponio on 09:12 PM, 29-Mar-12

saya juga sama udah tk ganti fbt & tr H + c mylar ,tp cuma bertahan sktr 6 jam, pdhl panas tr H wajar saja..mohon pencerahanya , trims

eko on 01:34 PM, 17-Apr-12

lg 21 ultra slim TR horsontal baru tp B+ 115 kok drof apa nxa tlg d bantu..

IQBAL on 04:21 PM, 20-Apr-12

SORY BOZZ ni aku melok nimbrung, mau tanya lg 21"tak ganti capasitor tr hor dan k2961 dah bgus tapi gelap apane yo booz

ridwan on 09:16 PM, 21-Apr-12

boss.. mau nanya nih tentang mesin tv LG. kerusakannya api masuk, led standby mati. setelah dicek TR horisontalnya ternyata jebol. setelah saya ganti TRnya, lalu saya pasang Yokenya, kabel Fbtnya ke tabung. lalu saya hidupkan. kemudian terjadi led standby, langsung saya coba tekan channelnya, terdengar suara kecil seperti dengingan travo switching, lalu led standby menyala redup, saya coba, cek..cek..cek ternyata TRnya jebol lagi . tegangan 115volt setelah saya hidupkan langsung naik, lalu saya coba cek tegangan 180 langsung short/ droop.
Gimana boss..solusinya?! trima kasih sebelumnya.

agus on 09:36 AM, 02-May-12

boss kalau nilai c 417 berapa ya soalnya udah gosong? kira2 ada komponen laen yg perlu diganti gak? tv sy lg ultra slim 21 inchi. tlg infonya trims.

sahnul on 11:00 PM, 04-May-12

ikutan nimbrung boss...B+ untk Lg ultra slim dg str w6554 brp?

fakhri on 02:34 PM, 12-May-12

mas saya nyari tester cap susah bgt,kira2 dmn saya bisa mendapatkannya?

Azrul on 01:37 PM, 20-May-12

mass, ni aq ada pasien LG,.. pertama mengalami TR jebol. tpi, stelah aku ganti TR ny, 180 v ny jdi kurang dari 140v,,,, Tolong dibantu y mas.

iwan on 10:34 AM, 30-May-12

gini boss..? aq punya TV merek polytron, tpi rusaknya dihidupkan sebentar mati lagi, kira2 apanya yg rusak..

zulkifli on 01:44 PM, 30-May-12

sy mau nanya tv lg 29 in transiator horisontal rsk sdh di ganti capsitor yg dekat cilekto sdh di ganti juga play back jg sdh di ganti setelah di pasang transitor masih rusak lagi

burung on 11:53 AM, 01-Jun-12

salam knl mas

adhy on 11:23 PM, 02-Jun-12

dok, saya punya masalah ni,
tv lg 21 in slim,
gejala: lampu power stanbay
udah sya cek transistor horizontal sama ic vertikalnya, bsgus kok, malahan udah saya ganti tapi tetap aja gitu dok,
tolong solusinya ya dok?

Totok on 08:07 AM, 06-Jun-12

Saya punya Samsung flat 17 inc....Tr horisontal jebol trs....B+ saya ukur 170 volt....apanya kira2 yg rusak....mohon bantuanya ...terima kasih

jina_bala on 10:31 PM, 21-Jun-12

aq nimrung,aq dapet pasien tv lg.tr horizontalnya jebol.aq udh ganti,tapi capasitor 183 2kv susah dpt apa ada pengganti.

edo wardoyo on 07:22 PM, 18-Jul-12

ha ha ha agan2 diam2 saya telah membaca artikel nya masing2...hmmm diam2 saya mencuri ilmu nya ha ha ha tararengkiu agan2 smile

Wong Urip on 11:03 AM, 20-Jul-12

melo' nimbrong boleh yo...!!! gini sob,sharp slim 21" Tr horizontal out jebol mulu apanya donk mhn di bantu ya...!! tks

Bandhil on 11:37 AM, 12-Aug-12

Ultra slim 21, jatuh casing pecah hancur, tv masih normal, di mana beli casingnya, sementara LG center katanya gak ada stok..

Rhama on 10:06 PM, 13-Aug-12

Mantap, posting yg sangat bermamfaat...
Kebetulan sy sedang menghadapi masalah seperti di atas, segera sy praktekkan saja gan, thanks infonya...

yip on 05:02 AM, 19-Sep-12

tv LG ultra slim saya transist'y panas trus meletik,, tr udah prnh d gnti dgn ukuran yg lbh besar,hasil tetap sama..tlong gmn ya..!udah sminggu ga ntn tv..

noriin on 12:55 PM, 25-Sep-12

oke mas btl banget kl tr h rsk trs cek dl c nya sblm yg lain n alat ukur c itu perlu banget. slm kenal mas

JAHE on 12:15 PM, 01-Oct-12

TV LG ULTRA SLIM, JIKA DIHIDUPKAN GAMBAT TIDAK ADA, LAMPU MATI, TERDENGAR BUNYI MENCUIT DARI DALAM TV,GIMANA SOLUSINYA

togok on 08:43 AM, 10-Oct-12

mas tulung ya aku pya masalah tv aku. tr horisontal mati setiap diganti mati trus it gmana mas
tvnya lg 14"(kapasitor dekat flyback udh prnah aku ganti).
tulung di bantu mas ya.

Yusuf on 08:39 PM, 23-Oct-12

Aslm....master numpang naya gimana tv LG bayak rusak ya udah d ganti malah ada lagi peyakit ya d yalain baru sebentar mati stanbiy gimana master sulusiya....

iwan on 05:07 PM, 13-Dec-12

haduhh ,,pusing mas bro,,tv philip jebol terus transitor horisontal nya Bu2508 DX..udah di ganti capasitor nya semua pokona kabeh tetap saja jebol ..saya coba ganti ply back nya .eh malah protek padahal play bak pinjam dengan yv yg sama merk nya..sekarang kedip kedip lampu nya setelah hidup beberapa menit..apa nya Gan tolong televisi saya agan agan

dani on 01:53 PM, 18-Jan-13

mau langsung dcoba ah...kbetulan ada lg slim tr h jebol trus

darmanto aja on 11:08 AM, 23-May-13

dok sy py masalah.lg ultra slim horizontal layar mengecil di tengah,atas dan bawah tidak.trims

rehan on 01:58 AM, 31-May-13

capasitor 183pF/2000v tak ada persamaan nya brapa ya.? Ada yg tau

pinggir X on 10:17 AM, 03-Jun-13

tv LG ultra slim 21 inci tegangan vertikal naik,IC 78141 terbakar?bagaimana solusine

sugianto on 10:39 AM, 24-Jul-13

tv lg mati lampu power saya cek, ternyata transistor horizontal rusak. kemudian saya ganti terus lampu power nyala merah, tetapi tidak mau start. apa dan bagian mana yang harus diganti ? Trim's.

Apip muhammad anwar on 02:02 AM, 15-Sep-13

Punten ikut nimrung.mas mo taya aku puya mesin tv cina ya multi.b+ ya drop kalo d pasang tr horizontal ya.tpi kalo d buka tr ya normal

agus on 05:48 AM, 03-Nov-13

mau tny nich bro, aq pny tv LG ULTRA SLIM 21" MODEL 21FU4RD-TA layar mengecil dr atas k bawah dan d tengah2nya terdapat garis putih horisontal. knp ya? Apa solusinya? mohon bantuannya. trm ksh bnyk sblmnya

iqbaltog on 08:48 PM, 16-Nov-13

salam kenal bos.
saya ada masalah tv lg super slim transistor hors tiap diganti baru jebul terus.& berapa uf 2000v,dibagian cafasitor bagian horsnya .masalahnya C nya sudah hilang.
mohon bantuannya . makasih

kerty peo on 10:27 AM, 02-Jan-14

iya ya ,tivi bikin mumet kang,lem biru solusi terbaik,ato ganti sel,

ali on 04:52 PM, 07-Apr-14

mas tolongin dooong tv LG21FU6RL-T4 SUARANYA SUDAH PUL TAPI MASIH KECIL SEKALI KALAU GAMBAR BAGUS, APANYA YA BOOS<br />

Subscribe to comments feed: [RSS] [Atom]

New Comment

[Sign In]
Name:

Comment:
(Some BBCode tags are allowed)

Security Code:
Enable Images